Hikmah Melakukan Puasa Sunnah Senin Kamis

Melakukan puasa sunnah seperti yang sudah di anjurkan oleh Rasulullah SAW merupakan amalan yang banyak di lakukan oleh umat Islam. Diantara puasa sunnah yang banyak dikerjakan oleh masyarakat muslim di Indonesia dan seluruh dunia adalah puasa hari Senin dan hari Kamis.



Membiasakan diri untuk melakukan puasa Senin Kamis ialah suatu hal yang paling di utamakan dalam hal melakukan ibadah puasa sunnah. Allah SWT akan memberikan pahala puasa secara langsung kepada orang yang melakukannya.
"Puasa itu milik-Ku dan Aku sendiri yang akan membalasnya. Dan kebaikan tersebut akan di lipat gandakan sebanyak 10 kali lipat." (HR. Bukhari dan Abu Daud).
Tapi tidak semua orang bisa mampu melaksanakan puasa hari Senin dan hari Kamis ini. Ada beberapa keterangan yang menjelaskan atas di sunnahkannya puasa senin dan kamis tersebut, diantaranya ialah karena hari tersebut merupakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, hingga Beliau tidak pernah meninggalkannya.

Rasulullah SAW pernah di tanya tentang puasa hari Senin, beliau menjawab: "Hari tersebut ialah hari dimana aku di lahirkan, dan hari dimana aku di utus atau diturunkannya Al-Qur'an kepadaku pada hari tersebut." (HR. Muslim).

Dari segi manfaat, ternyata puasa hari Senin dan Kamis selain bisa meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT dan mengikuti sunnah nabi, juga bermanfaat baik untuk kesehatan jasmani dan rohani untuk orang yang melakukannya.
Berikut adalah beberapa manfaat jika sudah membiasakan diri untuk berpuasa hari Senin dan Kamis :
  • Menjadi perisai untuk kejiwaan seseorang
  • Melatih disiplin
  • Menghindari godaan Syaitan
  • Meningkatkan amal ibadah
  • Melembutkan hati
  • Meningkatkan rasa syukur atas nikmat yang sudah di berikan oleh Allah SWT
  • Menyehatkan tubuh
  • Menyembuhkan penyakit, terutama penyakit hati
Bukan hanya memberikan banyak manfaat, puasa hari Senin dan Kamis juga mempunyai hikmah yang begitu untuk orang yang mengamalkan puasa tersebut secara rutin.

Hikmah puasa senin kamis

Kewajiban yang stabil

Dari aspek kejiwaan sosial serta kesehatan berpuasa mempunyai beberapa manfaat di antaranya : secara kewajiban puasa membiasakan kesabaran, menguatkan kemauan, mengajari dan membantu bagaimana menguasai diri, serta mewujudkan dan membentuk ketaqwaan yang kuat di dalam diri. Inilah hikmah puasa yang paling utama.

Melatih untuk terhindarkan diri dari dosa

Berdasarkan hadits yang berbunyi "segala sesuatu itu ada zakatnya, sedang zakat jiwa itu adalah berpuasa. Dan puasa itu separoo kesabaran". (HR. Ibnu majah). Dan dengan menghilangnya perangai buruk kita minimal seminggu dua kali, maka dapat juga di katakan bahwa "puasa adalah benteng yang membentangi seseorang dari api neraka yang membara". (HR. Ahmad dan baihaqi)

Bisa meningkatkan amalan

Dengan puasa senin kamis paling tidak dalam 2 kali seminggu, kita membatasi kalori yang masuk dalam tubuh. Sebuah penelitian yang membuktikan bahwa puasa malah akan meningkatkan daya pikir kita. Dan masih banyak lagi manfaat kesehatan dari puasa, misalnya puasa bisa menghindari atau mengurangi diabetes dan penyakit vascular seperti jantung.